Thursday, April 27, 2006

Lodeh Tempe



Bahan :
2 bungkus tempe potong kotak2.
1 papan pete iris melintang ( kalau suka)
100 gr daun melinjo, bersihkan ( kalau ada )
1 ikat kacang panjang ( 150 gr)
1 bawang besar diiris kasar
1 sdm bumbu dasar putih
1 buah tomat mengkal potong agak kasar
100 gr cabe ijo potong kotak2
1 sdm garam
1/2 sdm gula merah
1 sdt ketumbar halus
500 cc santal sedang
500 cc kaldu ayam/daging
2 cm laos utuh dimemarkan atau 1/2 sdm laos halus
2 lembar daun salam

Cara :

tumis sebentar bumbu dasar, masukkan kaldu dan santan, lalu tempe, laos, salam, ketumbar halus, gula merah dan garam. Didihkan sampai tempe agak matang, lalu masukkan kacang panjang , cabe ijo, bawang besar dan tomat ( kalau pake pete dan daun melinjo juga dimasukkan sekarang).
Didihkan sampai kacang panjang agak matang, angkat dari api.
Enaknya jangan terlalu layu sayurannya jadi masih agak kriuk2.

1 Comments:

At 12:29 PM, Blogger Lia said...

Assalamu'alaikum..
Salam kenal...
Perkenalkan saya lia dari Jakarta..
membaca blog ibu, yang terbersit di benak saya pertama kali adalah.. pasti ibu berbakat dan suka sekali memasak!! :)
Saya sendiri tidak berbakat memasak lho. Suami sering meminta saya untuk mencoba2 resep.. agar masakan di rumah lebih bervariasi, tapiiii ya githu dehhh.. rasanya kok kayaknya ga seperti yang diharapkan yak.. (kalo kata adik saya,beda tangan beda rasa hahaha)....

Ada saran untuk saya sebagai pemula? (note: baru2 ini saya mencoba resep sayur asem jakarta.. well menurut suami saya, rasanya manis... :(... )
Jazakillah ya bu

 

Post a Comment

<< Home