Thursday, April 20, 2006

Ayam Kodok


Hati ayam itu pengganti liver paste, kalau kadang ada yang ragu sama halalnya liver paste. Mau gak pake samsek juga gpp.

Bahan:

3 ekor ayam utuh.
1.5 kg daging giling ayam
3 buah hati ayam godog dan haluskan
2 sdm bawang merah goreng haluskan
2 sdm bawang putih goreng haluskan
1 buah bawang bombay cincang halus, tumis, sisihkan
1 sdm poultry seasoning
2 sdm pickle relish cincang
1 sdm woschestershire sauce
merica hitam, pala dan garam secukupnya
1 sdm parsley segar cincang
1 bungkus creamcrackers keju ( 250 gr)
2 bungkus cream chicken soup
6 bh telur ayam
100 gr tepung roti ( jaga2 kalau kurang keras adonannya )

Bahan olesan :

1 sdm butter
1 sdm minyak olive
1 sdm saus tomat
1 sdm kecap manis
merica, pala.

Campur semua bahan, siap untuk digunakan.

Cara membuat :

Buka ayam dari bagian leher, lalu masukkan tangan kebagian punggung dn dadanya, lepaskan dari dagingnya dengan bantuan tangan dulu.
Kemudian dengan bantuan pisau mulai lepaskan kulit dari bagian sayapnya, hati2 dibawah ketiak ayam, agak nempel kulitnya ke bagian daging, potong saja agak kedalam, keikut dikit dagingnya gak apa2 koq, lalu terus buka dengan bantuan pisau kebawah. Sampai dibagian pahanya, potong sendi bagian paha bawahnya, dan tinggalkan bagian paha bawah. Potong selebar 2 cm bagian anus ayam (nanti dijahit bagian daerah ini) tapi tinggalkan bagian tunggirnya.
Perhatikan pisau yang dipakai harus yang ujungnya bulat agar tidak merobek kulit ayamnya, dan kalau bisa lebih baik yang bergerigi dan jangan terlalu besar, agar tidak sulit bergerak didalam badan ayamnya.

Cuci ayam dan tiriskan, biarkan agak kering dengan di anginkan , atau keringkan dengan lap kertas, sisihan.

Aduk isi ayam , semua bahan kecuali tepung roti, kalau dirasa kurang kaku adonan isi dapat ditambahkan tepung roti sedikit sedikit sampai agak kaku, tidak apa2 sisa atau tidak terpakai tepung rotinya. Jangan lupa tambahkan garam bila kurang asin.

Isikan pada ayamnya, jangan terlalu penuh isi ayamnya, nanti kulitnya bisa pecah sewaktu dikukus, karena isian masih akan mengembang pada saat dikukus.

Beginilah penampakan ayam yang sudah diisi.
Kan gendut lagi, asal jangan terlalu gendut gak bakal pecah tapi juga jangan terlalu gepeng ntar jadinya kayak ayam kodok kurang gizi aja, gepeng.....

Kemudian ayamnya dijahit dibagian bawah dekat tunggir tadi dan bagian leher ayam.

Olesi pyrex bulat untuk mengukus ayam dengan butter, biar gurih. Taruh dalam dandang yang sudah mendidih airnya dan kukus selama 30 menit.
Kalau ayamnya besar bisa 45 menit.

Pada menit ke 10, buka dandang dan tusuk2 ayam, mengurangi resiko pecah pada saat isian mengembang.
Tutup lagi dan lanjutkan mengukusnya.

Keluarkan ayam, taruh dirak kawat agar airnya menetes, simpan airnya, juga airnya yang ada di pyrex tadi sisihkan untuk sausnya ayam kodok nanti.

Panaskan oven 170, biarkan selama 15 menit, baru masukkan ayamnya, oven selama 15 selama 30 menit, keluarkan olesi dengan bahan olesannya dan oven lagi selama 10 menit, keluarkan.


PS : Bagus kalau jahit ayam pake benang warna kontras, jadi waktu akan dicabut mudah, kelihatan benangnya.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home